Bagaimana cara membuat line follower dengan mudah

Sebelum menyusun setidaknya harus di kenal komponen-komponen yang akan digunakan, termasuk ukuran dan sifat-sifatnya seperti ketahanan panas. Sinyal tersebut menentukan apakah motor harus bergerak maju, mundur, ataupun berhenti. Mampirnya di blog Robotics Tutorials.

Robot-ID.Com, Senang rasanya jika kita bisa membuat robot line tracer atau line follower sederhana meskipun kita seorang pemula/newbie dibidang elektronika atau robotika, rasa ingin tahu yang kuat dan hobi utak-atik komponen elektronika menjadi syarat yang wajib bagi kita jika ingin belajar membuat proyek-proyek robot sederhana, seperti pepatah kuno dulu mulailah dari yang mudah terlebih dahulu.

Cara kerja dari sistem ini adalah Led superbright memberikan cahaya pada lintasan, yang kemudian akan dipantulkan ke photodioda hasil pantulan yang diterima berbeda-beda intensitasnya tergantung dari warna area yang menjadi pantulan cahaya. Pada line follwer mikro kita dapan mengatur kecepatan putaran tiap motor dengan menggunakan sistem PWM.

Set sudah dilengkapi hardware programmer USB atau Parallel. Seperti komponen resistor tabung dan diode yang biasanya mempunyai fisik yang memanjang ramping bias di letakkan berdiri. Untuk Smp dan SMA biasanya diadakan lomba yang dinamakan Maze Solving. Dalam blog ini ada banyak sekali artikel tentang bagaimana cara membuat robot avoider sederhana, robot line follower, robot berbasis arduino sampai robot tercanggih didunia bisa dilihat diblog ini. Selain memudahkan dalam pemasangan ataupun melepaskan, disini juga terletak nilai seninya. Hal seperti ini dilakukan dalam peletakkan IC juga transistor. Tidak seperti pada line follower analog yang hanya bisa maju mundur dan berhenti. Dalam blog ini ada banyak sekali artikel tentang bagaimana cara membuat robot avoider sederhana, robot line follower, robot berbasis arduino sampai robot tercanggih didunia bisa dilihat diblog ini. Karena pada tingkatan ini para peserta belum mampu untuk merakit maupun memprogram mikro sendiri. Termasuk untuk mencabut dan memasang komponen kembali dan juga yang menggunakan socket ataupun tidak. Berbagai macam universitas maupun sekolah menengah ke atas sering berlomba- lomba untuk mengikuti maupun menyelenggarakan lomba line follower ada banyak tingkatan divisi dari perlombaan line follower. Hasil besaran tersebut dibandingkan dengan menggunakan IC komparator untuk mengubah sinyal analog menjadi sinnyal digital murni. Letakkan komponen-komponen yang sama searah agar pada saat pemasangan komponen tidak bingung mengenai arah. Dan perlu diingat kempabali penyusunan komponen harus di sesuaikan dengan ukuran PCB, dan juga jangan terlalu rapat, agar mudah dalam pengambilan data atupun analisa. Dengan demikian, pengguna laptop terkini, yang umumnya hanya dilengkapi dengan port USB, dapat melakukan pemrograman dengan mudah dan nyaman.

Pertama sekali harus mengenal alat yang akan dibuat, setidaknya harus menetapkan ukuran maksimal sehingga dapat di tentukan ukuran PCB Maksimal. Cara ini berguna agar bila terjadi kerusakan komponen ataupun penggantian komponen dapat dengan mudah di lakukan. Mampirnya di blog Robotics Tutorials.

Di tahun ini telah banyak perlombaan yang menggusung tema Line follower robot sebagai objek yang dilombakan. Untuk tingkat SD biasanya mengikuti lomba dengan menggunakan “line tracer analog” sedangkan untuk SMP,SMA, maupun perguruan tinggi biasanya mengikuti perlombaan dengan “line tracer mikro”. Selain itu kelebihan dari line follower dengan menggunakan mikrokontroller adalah kecepatan motor yang juga dapat kita sesuaikan secara program. Dalam penyusunan Komponen, usahakan komponen yang biasa di buka pasang dan gampang rusak di letakkan di pinggir. Dalam peletakkan komponen yang keciilpun dapat dengan berbagai cara. Mulai dari divisi SD SMP SMA hingga Perguruan tinggi. Dan sebaliknya. Sinyal inilah yang nantinya akan diolah sebagai pengendali motor. Maka mulai dari mobil hingga susunan program sudah disediakan, para peserta hanya tinggal memikirkan bagaimana cara tercepat untuk mencapi finish dengan melalu labirin garis dan menempuh jarak terpendek.

Bagi-bagi info nih bagi para pecinta robot yang ingin menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya tentang teknologi robot, bisa kunjungi blog mas +sudarmanto saputra yang isinya tentang Robotics Tutorials. Dimana komponen-komponen yang mudah panas di berikan jeda untuk tempat memasang heatsink. Pada Line follower robot dengan mikrokontroller, tidak dibutuhkan IC komparator karena pada mikrokontroller sudah ada rangkaian komparator internal dan pengubah nilai analog menjadi digital. Semakin gelap arena maka akan semakin tinggi intensitas cahaya karena cahaya yang memantul dari arena tersebut semakin banyak.